[Rekomendasi Buku] : Pulang


Identitas Buku

            Penulis            : Tere Liye

            Judul                : Pulang

            Penerbit           : Jakarta Republika

            Tahun Terbit    : 2015

            Halaman          : 838

            Genre              : Bildungsroman

            ISBN               : 978-602-082-21-2-9


Sinopsis:

            Menjadi petarung sejati bukanlah cita-cita Bujang. Namun, setelah bertemu dengan salah satu teman ayahnya yang dijuluki Tauke Muda, membuat Bujang ingin mencoba hal-hal yang membuatnya lebih terpacu. Bujang bersikeras menjelajah hutan bersama Tauke Muda, meskipun dilarang oleh Mamaknya. Tidak disangka-sangka Bujang berhasil memburu babi di hutan itu dan membuat Tauke Muda terkesan. Setelah beberapa waktu berlalu, Bujang direkrut oleh Tauke Muda dan merantau dari kampung halamannya, pedalaman Sumatra. Bujang belajar banyak hal dari Tauke Muda. Mulai dari bela diri, hingga dibiayai kuliah oleh Tauke Muda. Bujang diperlakukan seperti anak kandung Tauke Muda sendiri, akan tetapi juga diberi mandat yang amat berat untuk melawan musuh-musuh Tauke Muda.

            Semangat perjuangan Bujang untuk mencapai kariernya yang tengah naik daun hancur ketika mendengar berita kepulangan Mamaknya kepada Tuhan. Air matanya berlinang. Bujang yang dikenal tidak memiliki rasa takut, kini diselimuti kesedihan. Sepucuk surat yang dituliskan Bapak tentang kepulangan Mamaknya membuat Bujang berduka. Kemudian Bujang mencoba mengalihkan dirinya dari kesedihan yang berlarut dengan mengenyam pendidikan Magister di luar negeri.

            Setelah Bujang lulus, ia disambut meriah oleh keluarga Tauke Muda dan ratusan rekannya. Mereka bersulang, berpesta bersama-sama. Kebahagiaan tidak berlangsung lama, tak lama kemudian Bujang mengetahui kabar Bapak meninggal. Bujang merasakan deja vu. Namun, ia mencoba untuk bangkit kembali. Biarpun dirinya diselimuti penyesalan karena tak menjenguk orang tua selama bertahun-tahun, Bujang berusaha keras bertarung dalam hidupnya.

Kelebihan:

            Novel berjudul Pulang karya Tere Liye mengulik cerita yang unik dan menarik. Tere Liye mengisahkan tentang shadow economy yang belum pernah menjadi topik novel-novel sebelumnya. Kisah shadow economy diceritakan sebagai pengusaha-pengusaha ilegal yang menyembunyikan kekayaan atau transaksinya demi terbebas dari pajak. Novel ini diawali dengan tokoh Bujang yang gagah, pemberani, dan cerdas. Bujang memiliki karakter kuat, sehingga direkrut oleh bos besar atau disebut Tauke Muda. Hal tersebut yang membuat tokoh Bujang mampu menggeluti berbagai konflik shadow economy.

Kekurangan:

            Terdapat banyak campur kode dalam novel berjudul Pulang karya Tere Liye. Hal tersebut membuat pembaca harus mempelajari lebih lanjut kata-kata yang merupakan bahasa daerah pedalaman Sumatra atau bahasa asing yang digunakan. Selain itu, juga terdapat implementasi konjungsi yang kurang tepat. Salah satunya konjungsi intrakalimat, yakni "karena" pada halaman 9 yang terdapat di awal kalimat. Konjungsi intrakalimat seharusnya berada di tengah kalimat sebagai pengubung sebab akibat pada kalimat majemuk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOGRAFI AHMAD TOHARI

[Kanal Informasi]: Lomba Pesta Hardiknas 2024

[Pengumuman] : Magang Himadiksi 2023