[Rekomendasi Buku] : Rembulan Tenggelam Di Wajahmu

 


A. Identitas Buku

    Penulis             :   Tere Liye

    Judul                :   Rembulan Tenggelam Di Wajahmu

    Penerbit            :  Republika

    Jumlah Hal       :  426 halaman

B. Sinopsis

Rembulan Tenggelam di Wajahmu mengisahkan perjalanan hidup sang pemeran utama yaitu Raihan Raujana atau Ray. Kedua orang tua Ray meninggal secara tragis ketika ia masih balita karena suatu kebakaran, ia tumbuh di panti asuhan yang buruk dengan penjaga panti yang kejam. Kehidupan yang keras membuat Ray remaja tumbuh menjadi pemuda pemberontak. Kebencian yang dimiliki Ray membuat ia memutuskan untuk kabur dari panti dengan membawa kotak tabungan, “Penjaga panti sok suci”. Kesialan demi kesialan yang terjadi dalam hidup Ray membuat ia mempertanyakan berbagai hal dalam hidupnya, seperti “Apakah aku tidak memiliki kesempatan untuk memilih pada saat aku dilahirkan?”, “Apakah hidup ini adil?”, “Kenapa langit tega sekali mengambil istrinya, kenapa takdir menyakitkan itu harus terjadi?” dan pertanyaan-perntanyaan lainnya. Ray selalu menatap rembulan ketika menyuarakan pertanyaan-pertanyaan tersebut, ia duduk termenung asik mengagumi indahnya cahaya rembulan dengan benak yang bergemuruh. Dalam novel tersebut tokoh Ray memiliki kesempatan melakukan perjalan kilas balik kehidupanya untuk menjawab lima pertanyaan besar miliknya.

C. Kelebihan

Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu kaya akan nilai-nilai kehidupan. Sebuah novel yang luar biasa, novel spiritual yang membawa kita menelusuri makna akan kehidupan yang belum pernah kita ketahui. Mengajarkan kita akan arti dan rahasia besar di balik kehidupan yang sering kita anggap tidak adil dan memojokkan. Memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan besar yang selalu terngiang di hidup kita dan menyaksikan balasan langit atas segala takdir kita.

Tere liye melalui novel ini mengajarkan kita tentang bagaimana memaknai kehilangan. Rasa kehilangan yang begitu rumit, sakit, tapi tidak dalam novel ini, semuanya begitu indah dalam sudut pandang yang berbeda. Melalui novel ini, kita diajarkan untuk memandang takdir melalui kacamata positif, bahwa selalu ada takdir baik. Membawa kita pada makna hidup yang sesungguhnya.

D. Kekurangan

Menggunakan alur campuran, kadangkala membuat pembaca sedikit bingung terkait latar waktu yang sedang terjadi dalam cerita. Selain itu, novel ini memiliki jenis open ending sehingga akhir dari novel terkesan sedikit menggantung. Gaya bahasa yang digunakan adalah puitis. Maka, bagi pembaca yang kurang paham perihal sastra dan kata-kata puitis, akan mengalami sedikit kesulitan dalam memahami makna dan menikmati cerita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOGRAFI AHMAD TOHARI

[Kanal Informasi]: Lomba Pesta Hardiknas 2024

[Pengumuman] : Magang Himadiksi 2023