Kuliah Kerja Lapangan PBSI 2016


     Yogyakarta (25-26/04) - Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jenderal Soedirman telah melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bertempat di Yogyakarta.  KKL merupakan salah satu mata kuliah yang ditawarkan di semester enam. Mata kuliah ini mencakup tindakan observasi ke lapangan pada objek yang berhubungan dengan perkembangan bidang bahasa dan sastra Indonesia serta perkembangan pendidikan bangsa Indonesia.
     Kegiatan KKL ini merupakan kali pertama diadakan di luar daerah Purwokerto dengan diikuti oleh 45 mahasiswa PBSI 2016 dan 2 orang dosen pembimbing.  Kunjungan dilaksanakan di dua tempat yaitu Kantor Kedaulatan Rakyat dan Balai Bahasa DIY. Kantor Kedaulatan Rakyat yang dikunjungi merupakan kantor cetak. Kedaulatan Rakyat merupakan salah satu surat kabar tertua di Indonesia. Materi disampaikan oleh Ibu Suci dan Bapak Iswantoro selaku pengelola Kedaulatan Rakyat. Beliau menyampaikan beberapa hal penting mengenai surat kabar tersebut. Baik produk koran yang diproduksi hingga proses dan tahap pembuatan serta pendistribusian. Surat kabar Kedaulatan Rakyat didistribusikan ke beberapa wilayah di DIY dan Jawa Tengah bagian selatan. Selain pemberian materi, peserta KKL diberi kesempatan untuk melakukan observasi langsung ke lokasi cetak. Dipandu oleh pengelola, peserta dapat melihat mesin-mesin serta bahan untuk mencetak surat kabar Kedaulatan Rakyat. 
     Tujuan kedua adalah Balai Bahasa DIY, seluruh peserta memperoleh materi langsung dari kepala Balai Bahasa berkaitan dengan pembakuan istilah serta sistem kerja di kantor Balai Bahasa. Sesi tanya jawab berlangsung menarik karena adanya pemberian hadiah buku. Rombongan KKL diberi kenang-kenangan berupa buku cetakan dari Balai Bahasa dan diakhiri dengan foto bersama.
    Rangkaian kegiatan KKL dilengkapi dengan wisata ke beberapa menarik di Yogyakarta. Kegiatan ini selain sebagai sarana mempelajari bahasa dan sastra juga sebagai sarana refreshing bagi peserta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOGRAFI AHMAD TOHARI

[Kanal Informasi]: Lomba Pesta Hardiknas 2024

[Pengumuman] : Magang Himadiksi 2023