Kemah Pengakraban Mahasiswa Baru PBSI 2018




Purwokerto-(21-23/09). Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menyelenggarakan kegiatan rutin dalam rangka menyambut kedatangan mahasiswa baru, yaitu Malam Keakraban (Makrab). Mengusung konsep yang berbeda, kegiatan Makrab diselenggarakan dengan istilah Kakrab atau Kemah Pengakraban dengan tema “Rekreasi dan Edukasi PBSI 2018”. Hal ini merupakan pertama kalinya, karena pada tahun-tahun sebelumnya Malam Keakraban dilaksanakan di villa. Program kerja bidang Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) ini dinilai berhasil. Acara di laksanakan di CAUB (Camp Area Umbul Bengkok), daerah Baturraden selama tiga hari dan dua malam.
Hari pertama pelaksanaan, pada 21 September 2018 pukul 14.00 WIB mahasiswa baru beserta panitia berangkat menuju CAUB dengan menggunakan truk dan sebagian panitia menggunakan sepeda motor. Sesampainya di CAUB, peserta dan panitia disambut dengan pemandangan indah suasana perbukitan disertai jajaran tenda berwarna-warni yang begitu menarik meskipun cuaca tidak terlalu cerah. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Lina Nur Faradisa selaku ketua pelaksana dan dilanjutkan dengan ishoma sekaligus mempersiapkan diri untuk kegiatan selanjutnya. Seusai maghrib acara dilanjutkan kembali dengan pengenalan Himadiksi oleh pengurus yang hadir. Acara berikutnya diramaikan oleh penampilan dari tamu undangan UKM dan Hima diantaranya adalah Teater Teksas, Bravas, dan perwakilan IMABSII. Acara inti pada malam pertama kegiatan Kakrab adalah penerbangan lampion harapan, acara berlangsung meriah. Seluruh peserta dan panitia meramaikan langit malam itu dengan kelap-kelip lampion yang beterbangan.
Hari kedua Kakrab pada 22 September 2018, kegiatan diawali dengan senam pagi bersama-sama dan dilanjutkan dengan makan pagi sebelum melanjutkan rangkaian acara berikutnya. Mahasiswa baru beserta panitia berkumpul bersama di pendopo untuk melaksanakan game yang telah dipersiapkan dan juga bertukar kado. Pada hari kedua pelaksanaan Kakrab, acara dihadiri oleh beberapa dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk berbagi ilmu dengan peserta. Diawali oleh pembicara pertama Dra. Dyah Wijayawati, M.Pd selaku Koorprodi , dilanjutkan oleh Subandi, M.Pd selaku ketua jurusan dan Etin Pujiastuti, M.Pd selaku dosen PBSI. Setelah kegiatan sharing tersebut, dosen beserta peserta dan panitia melakukan foto bersama sebagai kenang-kenangan. Kemudian dilanjutkan dengan waktu Ishoma. Pukul 13.50 kegiatan dilanjutkan dengan lomba tradisional yaitu sepak terong dan pecah air kelompok, kegiatan ini dilaksanakan hingga sore hari. Acara dihadiri oleh teman-teman PBSI angkatan 2014, 2015, 2016, dan 2017. Setelah isya acara dilanjutkan dengan pentas seni mahasiswa baru 2018 dengan menampilkan drama dengan tema yang berbeda-beda. PBSI Angkatan 2015 dan 2016 pun turut memeriahkan dengan persembahan hiburan.
Hari terakhir pada 23 September 2018, diawali dengan senam pagi, kemudian dilanjutkan dengan makan pagi dan kegiatan outbound yang dilaksanakan di luar area CAUB, ada beberapa pos yang harus dilewati oleh masing-masing kelompok peserta yaitu pos merayap dalam lumpur, pos salah atau benar, pos estafet tepung, dan pos estafet karet. Kegiatan outbound dibantu oleh partisipan dari PBSI angkatan 2014-2017. Rangkaian acara selama tiga hari ditutup dengan pelaksanaan awarding kakang dan mbekayu PBSI 2018 yang diraih oleh Fahrul dan Surury, kemudian dilanjutkan dengan pemberian kesan dan pesan selama kakrab oleh mahasiswa baru 2018 untuk panitia dan acaranya. Acara ditutup secara resmi oleh Lina Nur Faradisa dan dilanjutkan dengan perjalanan pulang meninggalkan area CAUB.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOGRAFI AHMAD TOHARI

[Kanal Informasi]: Lomba Pesta Hardiknas 2024

[Pengumuman] : Magang Himadiksi 2023