Mewujudkan Bangsa yang Berkarakter Melalui Bahasa dan Budaya






Purwokerto - Sabtu-Minggu (5-6/05) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia melalui bidang minat seni dan budaya menyelenggarakan pesta Hari Pendidikan Nasional untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional yang bertemakan "Mewujudkan Bangsa yang Berkarakter Melalui Bahasa dan Budaya". Pesta Hardiknas adalah program kerja tahunan yang dilaksanakan Himadiksi. Acara ini melibatkan SMA/SMK se-Barlingmascakeb dan seluruh mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman.
Dalam acara ini, Himadiksi mengadakan lomba internal, eksternal dan daring. Lomba interal ditujukan untuk seluruh mahasiswa Unsoed dan untuk lomba eksternal dan daring ditujukan untuk siswa SMA/SMK se-Barlingmascakeb.
Hari pertama yaitu Pembukaan Pesta Hardiknas dimulai dengan sambutan oleh Apri Indiawan selaku Ketua panitia Pesta Hatdiknas dan Vera Krisnawati,S.S.,M.Pd. selaku Pembina Himadiksi serta secara resmi membuka acara. Selanjutnya peserta diarahkan ke ruang lomba masing-masing. Lomba mendongeng bertempat di B105 dan lomba baca puisi di D203. Setelah semua peserta tampil dan istirahat, dilanjutkan dengan pengumuman juara untuk lomba baca puisi dan mendongeng. Juara ditentukan dari keputusan juri dan tidak dapat diganggu gugat.
Juara lomba Baca Puisi: Juara 1 Muhammad Baghiz Arorom dari SMA N 1 Purwokerto, Juara 2 Siti Nurhaliza dari SMK Kartek 2 Jatilawang, Juara 3 Adella Putri Hikmal dari SMK N 1 Cilacap.
Juara lomba Mendongeng: Juara 1 Hanu Neda Septian dari SMA N 1 Purwokerto membawakan dongeng yang berjudul "Si Kamandaka", Juara 2 Puji Rahayu dari SMA N 1 Maos membawakan dongeng yang berjudul "Terbentuknya Nusakambangan", Juara 3 Tazakka Juang Eltrida dai SMA N 1 Wanadadi membawakan dongeng yang berjudul "Legenda Kawah Sikidang".
Hari berikutnya dilaksanakan lomba internal yaitu lomba gobak sodor dan tarik tambang yang pesetanya adalah Mahasiswa pendidikan Unsoed, Hima, dan UKM di fakultas ilmu budaya. Lomba yang pertama adalah lomba gobak sodor yang dimenangkan oleh Pendidikan Bahasa Indonesia Angkatan 2016 dan Pendidikan Jasmani Kerohanian dan Rekreasi Angkatan 2016 sebagai juara ke-2. Berikutnya adalah Lomba tarik tambang yang dimenangkan oleh Himpunan Pendidikan Bahasa Inggris dan Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris menjadi juara ke-2.
Pengumuman Juara lomba daring tingkat SMA/SMK se-Barlingmascakeb dilakukan melalui blog Himadiksi. Juara lomba Cipta Cerpen : Juara 1 Mila Dewanti dari SMA N 1 Purwokerto dengan cerpen yang berjudul "Selendang Merah", Juara 2 Muammad Hafidz Agraprama dari SMA N 1 Banjarnegara dengan cerpen yang berjudul "Mutiara Serayu", Juara 3 Mahsa Nur Laeli dari SMA N 3 Purwokerto dengan cerpen yang berjudul "Cerita dari Bonokeling".
Juara lomba Cipta Puisi: Juara 1 Sari Puspita dari SMA N 1 Maos dengan puisi yang berjudul "Ngaben Suciku", Juara 2 dari SMK N 2 Bawang dengan puisi yang berjudul "Rambut Titisan Dewa", Juara 3 dari SMA N 1 Purwareja Klampok.
Acara puncak pesta hardiknas ini menampilkan kembali pemenang lomba eksternal dan penampilan dari UKM dan Hima di fakultas ilmu budaya. Acara pesta Hardiknas 2018 ditutup dengan ucapan terima kasih dan salam perpisahan dari seluruh panitia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOGRAFI AHMAD TOHARI

[Kanal Informasi]: Lomba Pesta Hardiknas 2024

[Pengumuman] : Magang Himadiksi 2023