Bakti Sosial Himadiksi di Dusun Cibun



Purwokerto – (26-27/05) Dalam rangka bulan ramadhan, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Unsoed melalui bidang Sosial dan Kehumasan melaksanakan kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan selama dua hari dan bertempat di Dusun Cibun dengan sasaran Sekolah Dasar Negeri Cibun. Menempuh jarak yang cukup jauh dengan waktu kurang lebih 30 menit menuju ke Dusun Cibun. Meskipun harus melewati jembatan gantung yang hanya dapat dilewati oleh kendaaraan roda dua secara bergantian, seluruh peserta bakti sosial dengan antusias menikmati perjalanan yang menyenangkan karena disuguhi pula dengan pepohonan hijau di kanan dan kiri jalan dan udara yang sejuk.
Sesampainya di lokasi, seluruh peserta mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan untuk acara bakti sosial sekaligus buka bersama dengan anak-anak di dusun Cibun. Kegiatan dilaksanakan di gedung Sekolah Dasar Negeri Cibun, anak-anak daerah setempat sangat antusias dan menyambut kedatangan pengurus Himadiksi dengan sangat menyenangkan, bahkan meskipun kegiatan bakti sosial belum dimulai, mereka telah berkumpul di SD Cibun untuk bermain-main bersama dan menonton film yang diputarkan oleh pengurus Himadiksi.
            Kegiatan bakti sosial dimulai seusai shalat asar, anak-anak dan seluruh pengurus Himadiksi kembali berkumpul di ruangan guna pembukaan acara. Pembukaan diawali dengan sambutan Hasna Nur Hanifah selaku ketua pelaksana dan dilanjutkan sambutan oleh penjaga sekolah SD Cibun. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing pengurus Himadiksi kepada anak-anak dusun Cibun dan sebaliknya agar lebih mengenal satu sama lain. Kegiatan berikutnya adalah mendongeng yang disampaikan oleh Dhelinta Fitri Pramadhanti. Anak-anak tampak sangat tertarik dan antusias dengan dongeng yang disampaikan, tidak hanya mendongeng saja namun Himadiksi memberikan bingkisan kepada anak-anak tersebut sebagai apresiasi terhadap kehadirannya.
Gedung Sekolah Dasar Cibun dibagi menjadi tiga kelas dan tiga kelas tersebut digunakan untuk kelas satu hingga kelas enam yang keseluruhan siswanya tidak mencapai 20 orang. Informasi Ujian Nasional pun masih tertempel di jendela ruang kelas, terlihat bahwa Ujian Nasioanl di SD Cibun diikuti oleh tiga orang anak saja.  Kegiatan mendongeng dilanjutkan dengan mengaji bersama dan dipimpin oleh Resti Yuni Antika, ice breaking dan menonton film pendek bersama-sama. Film pendek yang ditampilkan mengenalkan nilai-nilai moral dalam masyarakat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan bakti sosial hari pertama ditutup dengan buka bersama antara pengurus Himadiksi dengan anak-anak desa Cibun.
            Menjelang waktu shalat tarawih, pengurus Himadiksi bersama-sama melaksanakan shalat tarawih bersama dengan warga Dusun Cibun kemudian dilanjutkan dengan evaluasi kegiatan dan refleksi kepengurusan yang telah berlangsung selama beberapa bulan. Berhenti pada evaluasi dan refleksi, seluruh pengurus beristirahat untuk persiapan makan sahur. Hingga pada saatnya sahur, seluruh panitia kembali bangun dan menyantap makan sahur yang dibuat dengan bantuan istri dari bapak penjaga sekolah. Makan sahur dilanjutkan dengan kultum oleh Mukti Widodo.
            Hari kedua bakti sosial Himadiksi  diisi dengan bersih-bersih lingkungan SD Cibun, setelah selesai beberapa pengurus Himadiksi mengunjungi salah satu tempat wisata di dusun Cibun, yaitu Bukit Gadog dengan menempuh perjalanan kurang lebih 15 menit untuk berjalan kaki dan lumayan melelahkan. Seusai berjalan-jalan dilaksanakan penyampaian kesan pesan dan ucapan terima kasih kepada dusun Cibun dan SD Cibun sekaligus penyerahan bantuan berupa buku bacaan, alat tulis dan rak buku untuk menunjang sarana dan prasana di SD Cibun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOGRAFI AHMAD TOHARI

[Kanal Informasi]: Lomba Pesta Hardiknas 2024

[Pengumuman] : Magang Himadiksi 2023