Upgrading Himadiksi Mempererat Hubungan Internal dan Eksternal



(23-25/03) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia telah melaksanakan salah satu program kerjanya yaitu Upgrading. Upgrading merupakan sebuah kegiatan pelatihan peningkatan mutu, pengetahuan, dan ilmu berorganisasi bagi pesertanya dalam hal ini para pengurus baru Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia periode 2017/2018.
Hari pertama pelaksanaan Upgrading bertempat di Fakultas Ilmu Budaya pada tanggal 23 Maret 2018. Kegiatan ini dimulai pada pukul 16.30 WIB dan dibuka dengan sambutan dari ketua Himadiksi yang diwakilkan oleh Mukti Widodo, sambutan oleh Vera Krisnawati,S.S.,M.Pd. selaku pembina Himadiksi, dan sambutan serta pembukaan kegiatan Upgrading oleh Dra.Dyah Wijayawati,M.Pd. selaku koordinator program studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan program kerja serta agenda setiap divisi disertai diskusi antara pengurus baru dengan pengurus periode sebelumnya. Kegiatan diskusi berlangsung menyenangkan terlihat dari antusias dari setiap divisi dalam bertukar ilmu.
Kegiatan upgrading hari ke-2 dilaksanakan di desa Winduaji kecamatan Paguyangan, Bumiayu. Seluruh peserta berangkat dari Fakultas Ilmu Budaya menuju desa Winduaji dan menempuh waktu sekitar 1,5 jam. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ketua RT 06 RW 01 desa Winduaji. Selanjutnya kegiatan pengecatan rumah warga yang bertujuan untuk membantu warga dalam mewujudkan desa wisata baru semacam “kampung pelangi”. Dibagi menjadi 4 kelompok, peserta dipandu oleh warga Winduaji untuk mengecat beberapa rumah disana. Warga desa Winduaji sangat terbuka kepada para peserta upgrading. Seusai kegiatan mengecat, peserta beristirahat di taman jamur dan dilanjutkan dengan diskusi bersama pemuda desa Winduaji. Diskusi ini membahas tentang sejarah dan perkembangan salah satu destinasi wisata di desa Winduaji yaitu Waduk Penjalin beserta Taman Jamur. Taman Jamur memiliki nilai sejarah luar biasa berkaitan dengan pendiriannya, pada awalnya taman jamur merupakan tempat pembuangan sampah yang tidak terawat dan sangat meresahkan. Namun, berkat kegigihan warga Winduaji tempat tersebut kini telah menjadi tempat yang indah dan nyaman dlengkapi dengan fasilitas edukasi berupa buku-buku bacaan yang sangat bermanfaat.
Kegiatan selanjutnya adalah sesi debat yang dilaksanakan di TPQ Al-Huda Darussalam yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat menginap. Sesi debat ini membicarakan tentang pro dan kontra adanya program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Debat ini bertujuan agar pengurus baru Himadiksi mampu mengungkapkan ide atau pikirannya di depan umum. Setelah sesi debat selesai dilanjutkan dengan pentas seni yang ditampilkan dari setiap divisi dan diakhiri dengan refleksi terhadap kegiatan pada hari ke-2 upgrading tersebut. Adanya refleksi bertujuan untuk mengingat kembali dan meresapi manfaat dari seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan selama satu hari.
Hari terakhir kegiatan Upgrading ini dimulai dari sholat subuh berjamaah lalu memainkan satu permainan untuk mengasah konsentrasi dan bertukar kado serta surat. Selanjutnya senam bersama yang dipimpin oleh Dhelinta Fitri Pramadhanti diiringi dengan pelaksanaan permainan kelompok yang bertujuan untuk lebih mempererat hubungan antar pengurus.
Kegiatan Upgrading ini diakhiri dengan awarding dan doa bersama sebagai penghargaan dan rasa syukur karena kegiatan selama tiga hari berjalan dengan lancar. Kemudian dilanjutkan dengan penutupan dari bapak RT serta pemberian kenang-kenangan sebagai tanda terima kasih dari Himadiksi. Dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan berkeliling Waduk Penjalin.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOGRAFI AHMAD TOHARI

[Kanal Informasi]: Lomba Pesta Hardiknas 2024

[Pengumuman] : Magang Himadiksi 2023